Minggu, 20 September 2015

Perilaku Konsumen

                                                                           Dania



Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB ( "http://www.ipb.ac.id" www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc (  "http://www.sumarwan.staff.ipb.ac.id" www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc



Hai…
Dapet tugas nih dari Dosen Perilaku Konsumen, buat cerita tentang hari pertama kuliah sama Beliau. Dealinenya nanti malem, baru sempet sekarang nih wkwkw. Ohya, FYI,aku tuh kuliah di jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB, unik bukan? Heheh nexttime aku post tentang jurusanku itu.
So , langsung aja yah.
Waktu itu tanggal 14 September 2015, tepat satu tahun jadian sama “mantan, eits tanggal 14 September itu hari pertama dapet mata kuliah Perilaku Konsumen sama Pak Ujang. My first word was “funny”. Yap, Mr Ujang is really funny , tapi tetep apa yang disampaikan Beliau bermakna.ehem…Yang paling nyangkut di aku pikiran adalah pak Ujang cerita kalau dulu di kelas beliau suka tidur, tapi beliau selalu menyiapkn pertanyaan2. Whahaha. It inspires me J)

Well, materi yang dijelaskan itu tentang Motivasi , Motivasi yang berhubungan dengan konsumen pastinya (sambil buka slide wakkakka ) . Aku ga punya bukunya, tapi inilah aku coba publikasikan. Harganya sekitar 108 ribuan ( ini alasan aku belom punya bukunya wehe).


bagian depan
bagian belakang
      



Ini buat temen2 yang mau tau gimana sih konsumen itu, gimana baca selera konsumen, dan lain2 , beli yaah……  bisa buat yang mau buka bisnis, pentingg loh…
So,motivasi muncul karena kebutuhan atau keinginan yang tidak terpenuhi,akhirnya konsumen merasa tertekan,karena tertekan kita akan terdorong dan berprilaku untuk mendapatkan apa yang kita inginkan atau butuhkan. Ada dua faktor yang memoengarui kebutuhan konsuemn, ada faktor internal sepeti haus dan lapar, dan faktor eksternal itu dari luar seperti aroma atau iklan, jadi yang tadinya gamau beli pas liat iklannya eh buset langsuung cari2.
Kebutuhan itu juga terbagi dua, primary needs dan acquired needs,   kalo primary  rumah dan makan, kalo acquired makan enak sama rumah yang mewah.
Ohya, kemaren juga belajar tentang teori Maslow, temen2 yang belajar di psikolog atau sosial mungkin tahu ya, Teori Maslow itu berbentuk piramid.





Kebutuhan fisiologis itu kebutuhan yang kalo gak terpenuhi kita bisa mati, atau hidup kita 99,9% gak nyaman abis, kebutuhan rumah, pakaian, makan, air,udara , dll. Di atasnya, kebutuhan rasa aman, punya rumah kalo gak aman so? Punya suami kalo gabisa ngejaga, so?? :P;p di atasnya lagi, kebutuhan Sosial, nah kebutuhan sosial itu kebutuhan bisa bergaul, punya temen, keluarga, gimana sih dicinta?disayang?dihargai? kalo kita sendiri, tanpa kasih saayang , apa jadinya? Boong deh yang bilang gak butuh kasih sayang.  Kebutuhan ego, itu kebutuhan untuk berprestasi, lebih tepatnya mencapai apa yang kita mau dan bisa merubah hidup jadi wow. Paling atas adalah kebutuhan aktualisasi diri.


Selain itu, kita juga belajar tentang Teori Motivasi McCelland.
Nah si Mccelland ini mengemukakan tiga kebutuhan, yaitu kebutuhan sukses, kebutuhan afilasi, dan kebutuhan kekuasaan. Kebutuhan sukses ya pasti semua kita butuh sukses, jadi langsung ya, kalau kebutuhan afilasi itu kebutuhan untuk membina hubungan dengan manusia lainnya, entah sebgai teman, pacar, atau apalah yang bisa bikin kita nyaman dan diterima. Terus, kebutuhhan kekuasaan itu keinginan seseorang untuk mengontrol lingkungannya. Gak mesti jadi presiden yaw. Intinya tuh kita dipercaya orang2 sekitar,dihargai, bahkan diturutin. Kadang walau ketua RT juga ga diturutin, ada juga yang bukan siapa2 tapi karena dia berwibawa dia dituruin, dihargain, diikutin. Ya begitulah intinya.


Terakhir( yeayh !!) , ngapain  sih belajar bab ini? Ngapain belajar teori motivasi??
Ada dua aplikasi dari belajar bab inii, yaitu segmentasi dan positioning. Apa itu?
segmentasi adalah produk atau jasa yang dipasarkan dapat diarahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan. Kalau kita tau motivasi konsumen, kita bisa tau mereka tuh butuh apa. Miselnya di kota A, kota yang selalu hujan, konsumen butuh apa? PAYUNG. Iya payung, yaudah kita jualan payung disitu, gak mungkin kan kita jualan payung di daerah bersalju. Itu kenapa kita butuh belajar bab ini.


Kedua, positioning. Positioning adalah citra produk atau jasa yang ingin dilihat oleh konsumen. Ini citra produknya.(tar tanya2 lagi ah ke temmen).

So itu lah yang kita pelajari minggu kemaren, ini mepet,kemaren2 siapin talentique 2015,  ada kuis padahal. , buka sitenya lagi eror :((( -__-“ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar